10 Tips Merawat Gigi yang Baik dan Benar Dalam 5 Menit

12 Likes Comment

10 Tips Merawat Gigi yang Baik dan Benar Dalam 5 Menit – Sebagai makhluk sosial, merawat gigi yang baik dan benar penting untuk dilakukan. Gigi yang sehat merupakan aset penting dalam penampilan, ia akan menjadi pusat perhatian begitu mulut terbuka ketika berkomnuikasi, tersenyum maupun tertawa. Selain itu gigi yang sehat juga memudahkan tahap penghancuran makanan sebagai calon nutrisi tubuh.

Coba bayangkan, apabila gigi Anda kuning dan berkarang tentu Anda akan dibuatnya risih bukan saat bersosial. Misalnya lagi, gigi Anda keropos, Anda pasti was-was mengkonsumsi jenis makanan yang teksturnya keras seperti kacang.

10 Tips Merawat Gigi yang Baik dan Benar Dalam 5 Menit
10 Tips Merawat Gigi yang Baik dan Benar Dalam 5 Menit

Kesehatan gigi itu sangat penting dan harus dijaga dengan baik. Berikut adalah tips merawat gigi yang baik dan benar dalam 5 menit.

Sikat Gigi Secara Rutin

Tips pertama dalam merawat gigi yang paling mendasar adalah menyikat gigi itu sendiri. Menyikat gigi secara rutin dapat membantu menjaga gigi agar terlihat lebih putih dan bersih. Selain itu, gigi pun terhindar dari berbagai bakteri maupun kotoran yang dapat merusak gigi. Sikatlah gigi secara rutin tiap hari, minimal dua kali dalam sehari yakni setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Jadikan menyikat gigi sebagai rutinitas harian Anda, tapi ingat jangan terlalu sering juga, karena menggosok gigi yang keseringan dapat merusak email gigi serta membahayakan gusi Anda.

Hal yang harus diperhatikan lagi saat menyikat gigi yakni jangan terlalu kuat dan tidak melakukannya secara terburu-buru, lakukan dengan teknik yang baik yakni dengan memegang sikat pada sudut 45 derajat dari bagian gusi, lakukan proses menyikat dari kanan ke kiri secara berulang, jangan lupa juga menyikat permukaan gigi bagian luar dan dalam serta geraham bagian belakang.

Mengganti Sikat Gigi Secara Rutin

Selain rutin mneyikat gigi, Anda harus rutin juga dalam mengganti sikat giginya. Jangan nunggu sikat gigi Anda mekar dan tidak teratur, karena hal tersebut alih-alih membersihkan gigi malah menyakiti gusi. Nah karena kita akan merawat gigi yang baik dan benar, jadi rutinlah mengganti sikat gigi Anda, dianjurkan untuk mengganti sikat 2 hingga 3 bulan sekali.

Pintar Memilih Pasta Gigi

Tips yang bisa Anda lakukan dalam merawat gigi yang benar yakni pintar dalam memilih pasta gigi. Disarankan untuk memilih pasta gigi mint yang mengandung flourida tinggi karena pasta jenis ini dapat membuat tampilan gigi Anda lebih terlihat putih dan bersih, serta dapat mempertahankan warna gigi Anda akibat merokok, ngopi dan sebagainya.

Menggunakan Sikat Gigi Elektrik

Zaman semakin canggih saja, mulai dari sikat gigi konvensional kini telah hadir lagi sikat gigi elektrik. Pada dasarnya sikat gigi elektrik dengan sikat gigi biasa sama saja, yakni tujuannya untuk membersihkan gigi apabila digunakan dengan benar. Hanya saja sikat gigi elektrik ini akan memudahkan rutinitas menyikat gigi bagi orang-orang yang kesulitan menggunakan tangan mereka. Pengguna hanya perlu memposisikan sikat pada sudut 45º dan biarkan sikat gigi elektrik bekerja dengan sendirinya. Selain itu sikat gigi elektrik jga dilengkapi dengan alarm waktu sehingga akan membantu mengingatkan Anda untuk menyikat gigi secara teratur.

Rutin Berkumur

Biasakan berkumur, berkumur juga merupakan upaya dalam memaksimalkan kebersihan gigi. Dengan berkumur Anda dapat menjangkau sisa-sisa makanan yang lengket yang tak terjangkau sikat gigi. Untuk berkumur Anda dapat memilih obat kumur yang saat ini sudah marak dan mudah ditemukan, atau alternatif lainnya, Anda dapat berkumur dengan bahan alami seperti air garam yang dapat menyehatkan dan menguatkan gigi Anda atau dengan air rebusan daun sirih yang efektif dalam mempertahankan warna gigi Anda. Itu bukan saja merawat gigi yang baik dan benar, namun juga merawat seluruh permukaan mulut agar terbebas dari plak

Menjaga Kesehatan Lidah

Dalam menjaga kesehatan gigi, Anda juga harus memerhatikan kesehatan lidah yang tentunya membantu fungsi gigi dalam mencerna makanan di dalam mulut. Lidah yang kotor akan berpengaruh juga pada gigi Anda. Makanya, kesehatan lidah pun harus Anda perhatikan.

Hindari Konsumsi Kopi

Tips selanjutnya yakni menghindari kopi. Wah, kenapa harus dihindari? Iya, karena kopi memiliki senyawa kimia alami yang membuat warna kopi dapat melekat pada gigi Anda dengan mudahnya, namun sangat sulit untuk dihilangkan. Jika dirasa sangat sulit untuk menghindari kopi, lakukan secara bertahap, awali dengan mengurangi asupan kopi, yang biasanya dalam sehari habis lima cangir kopi, kurangi menjadi dua cangkir kopi.

Mengurangi Asupan Gula

Gula juga merupakan asupan lainnya yang harus Anda kurangi, karena gula akan membuat bakteri betah tinggal di gigi dan merusak gigi Anda. Hal ini dikarenakan, gula sebagai sumber nutrisi para bakteri. Jika banyak mengonsumsi gula, maka berdampak buruk pada gigi Anda yang akan berubah warnanya menjadi kekuningan karena plak yang ditimbulkan dari bakteri.

Menutrisi Gigi dengan Baik

Tak hanya rajin menyikat gigi, dalam merawat gigi yang baik dan benar beri juga gigi dengan menutrisinya secara rutin yakni dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk kesehatan gigi. Terdapat beberapa makanan yang dipercaya efektif dalam membantu agar warna gigi terlihat putih dan bersih. Diantara makanan tersebut yaitu apel, wortel, seledri, brokoli, dan sebagainya.

Dengan mengonsumsi makanan tersebut, secara tidak langsung Anda menutrisi gigi dari dalam dan juga sebagai upaya mempertahankan warna gigi agar terlihat lebih putih. Selain ada makanan yang dianjurkan, adapula makanan yang harus dihindari yakni makanan yang memiliki warna pekat seperti, kari, gulai, soto, dan sebagainya. Warna pekat pada makanan tersebut berasal dari pewarna alami semisal kunyit yang dapat menempel dan sulit untuk dihilangkan.

Asupan Air Putih yang Cukup

Tak heran air putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebanyak dua liter dalam seharinya. Hal ini dikarenakan air putih berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh, yang tentunya berpengaruh pada gigi Anda. Saat tubuh kekurangan air, maka produksi air liur pun berkurang dan dapat membuat sisa makanan terselip sehingga menimbulkan plak yang dapat mengubah warna gigi Anda. Mengonsumsi air putih itu sangatlah mudah dan murah. Jadi, selagi mudah dilakukan, maka lakukanlah, karena dampaknya juga akan Anda rasakan sendiri.

Itulah 10 tips merawat gigi yang baik dan benar dalam 5 menit yang bisa Anda terapkan dan jadikan sebagai rutinitas sebagai upaya menjaga kesehatan gigi.

 

Incoming search terms:

cara membersihkan wajah yang baik loc:ID

You might like

About the Author: 9kescom

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *