8 Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Memakai Bahan Alami

10 Likes Comment
menghilangkan bekas jerawat

Usai jerawat reda biasanya akan meninggalkan bekas jerawat maka perlu mencari tips menghilangkan bekas jerawat tersebut dengan benar. Bekas jerawat ini bisa hanya dalam bentuk bintik kecil-kecil berwarna gelap cenderung hitam sampai kecoklatan. Ada pula yang meninggalkan bekas berupa bopeng yakni permukaan kulit menjadi cekung, seperti bekas cacar air. Rupanya ketika bekas jerawat ini tidak diatasi dengan benar besar kemungkinan akan abadi.

 

Penyebab dan Tips Menghilangkan Bekas Jerawat

Bagi yang cuek dengan penampilan tentu tak ambil pusing dengan banyaknya tips menghilangkan bekas jerawat yang ada di internet, majalah, dan lain-lain. Namun bagi mereka yang cenderung memberi perhatian maksimal pada penampilan dijamin akan kelabakan mendapati wajahnya ada bekas jerawatnya. Kondisi akan semakin parah manakala bekas jerawat ini memang cukup banyak sehingga benar-benar mengganggu.

Meski begitu tak semua orang mengalami masalah bekas jerawat sehingga tak membutuhkan tips menghilangkan bekas jerawat. Mengapa bisa demikian? Usut punya usut ternyata bekas jerawat bisa muncul karena beberapa sebab dan penyebab ini juga bisa dihindari sejak dini. Asalkan tahu penyebabnya apa saja maka Anda bisa dengan mudah menghindari masalah satu ini.  Adapun penyebab yang dimaksudkan antara lain:

  • Membiarkan jerawat begitu saja

Terbiasa berjerawat kemudian muncul rasa malas untuk mengobatinya ternyata menjadi penyebab bekas jerawat bermunculan. Jadi Anda lepas dari jerawat akan disibukan dengan kegiatan berburu tips menghilangkan bekas jerawat yang sesuai. Tentunya melelahkan, mengapa tidak mencoba menangani jerawat dengan segera? Bisa memakai obat jerawat di pasaran ataupun bahan alami di rumah.

Jika jerawat dibiarkan terlalu lama maka akan berpotensi membentuk radang yang lebih dalam dan nantinya membentuk bekas jerawat. Berbeda jika langsung ditangani maka radang pada kulit belum dalam namun jerawat sudah mengering. Bekas jerawat pun tak lagi dijumpai, maka segera tangani jerawat yang muncul sehingga setelah kering wajah bersih sama sekali.

Baca juga : Masker penghilang jerawat

  • Terbiasa memecah jerawat

Sensasi gemas dengan jerawat yang muncul tak hanya dialami satu atau dua orang melainkan nyaris semua orang. Pada akhirnya akan memencet jerawat tersebut dengan maksud segera pecah dan bisa kering dengan cepat. Namun, tahukah Anda tindakan ini tak hanya berbahaya namun juga menjadi penyebab bekas jerawat semakin banyak dan dalam?

Agar tak ribet mencari tips menghilangkan bekas jerawat baiknya saat jerawat muncul Anda anteng saja. Anggap santai hanya angin yang lewat karena jika dipencet bahkan sekedar dipegang-pegang berulang kali malah membuat peradangan semakin parah dan dalam. Nantinya akan menyisakan bekas jerawat yang lebih bandel dibanding jerawat itu sendiri.

  • Tidak memakai tabir surya saat di luar ruangan

Saat jerawat muncul Anda biasanya enggan mengaplikasikan tabir surya pada kulit yang terkena jerawat tadi. Padahal mengaplikasikan tabir surya penting dilakukan setiap hari untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Jika Anda malas nantinya membuat jerawat semakin parah dengan paparan sinar UV sehingga meninggalkan bekas jerawat yang membandel. Maka cobalah rutin memakai tabir surya setiap kali hendak keluar ruangan.

  • Enggan melakukan scrubbing

Proses eksfoliasi dengan perawatan scrubbing sangatlah penting untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Bekas jerawat juga masuk ke dalam penumpukan sel kulit mati yakni sebagai akibat dari jerawat yang sudah mengering. Maka jika Anda tak pernah scrubbing jangan kaget bekas jerawat tidak kunjung memudar, padahal perawatan ini masuk ke dalam tips menghilangkan bekas jerawat yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

Bekas jerawat yang memenuhi kulit wajah akan nampak seperti noda, dan tentu terkesan Anda kurang memperhatikan perawatan wajah Anda. Jadi biasakan untuk menanganinya dengan seksama, dan bahkan masalah ini bisa dicegah sejak dini. Yakni dengan menghindari beragam penyebab munculnya bekas jerawat yang dipaparkan di atas. Jika dihindari maka Anda tak perlu repot berburu tips menghilangkan bekas jerawat tersebut.

Baca juga : Sabun muka untuk jerawat

Pilihan Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

menghilangkan bekas jerawat
menghilangkan bekas jerawat

Apabila bekas jerawat ini terlanjur muncul, bisa karena faktor eksternal misal mengalami jerawat batu yang memang bandel. Jenis jerawat ini menyebabkan proses peradangan cukup dalam sehingga meninggalkan bekas jerawat tak hanya noda kehitaman namun juga bopeng. Baiknya saat jerawat batu menyerang segera ditangani agar bekas jerawat yang ditinggalkan tidak terlalu bandel. Apabila masih menyisakan bekas jerawat maka silahkan mencoba tips menghilangkan bekas jerawat secara alami berikut ini :

  • Menggunakan irisan kentang

Kentang adalah jenis sayuran yang mengandung zat unik dengan kemampuan membantu penyembuhan pada kulit. Kandungan vitamin dan mineralnya juga efektif mengurangi penampakan bekas jerawat dan noda hitam di wajah. Anda cukup mengiris tipis kentang secukupnya kemudian ditempelkan ke kulit yang ada bekas jerawatnya. Diamkan 10 menit lalu mencuci muka, lakukan teratur sekali seminggu agar kulit semakin bersih.

  • Memanfaatkan baking soda

Baking soda adalah bahan yang biasa dibubuhkan ke dalam adonan kue, namun bisa dipakai sebagai tips menghilangkan bekas jerawat. Sebab di dalam serbuk putih ini terkandung kristal sodium bikarbonat yang efektif membantu pengelupasan sel kulit mati. Cara memanfaatkanya adalah dengan dibuat pasta, cukup ambil satu sendok makan lalu diencerkan dengan sedikit air. Oleskan pada bekas jerawat sembari dipijat lalu diamkan 10 menit dan dibilas memakai air hangat.

Agar hasilnya maksimal usai mengaplikasikan pasta baking soda ini Anda bisa memoleskan minyak alami ke kulit wajah. Bisa memakai minyak zaitun atau minyak kelapa asli untuk mengembalikan kelembaban alami kulit. Asalkan rutin dilakukan minimal satu kali dalam seminggu perlahan bekas jerawat akan semakin memudar.

  • Memakai irisan mentimun

Masalah bekas jerawat juga bisa digilas memakai mentimun yang kaya akan air, magnesium, Vitamin A, dan juga Vitamin C. Kandungan ini membuatnya cocok menjadi tips menghilangkan bekas jerawat secara alami namun efektif. Cara memetik manfaatnya pun mudah cukup mengiris beberapa mentimun lalu ditempelkan ke kulit yang ada bekas jerawatnya. Diamkan sekitar 10 menit lalu dibilas dengan air bersih, asal rutin bekas jerawat akan memudar.

Baca juga : Penyebab timbulnya jerawat

  • Memanfaatkan perasa air lemon

Lemon menjadi salah satu jenis sitrus yang diperkaya dengan asam AHA yakni asam alfa hidroksi yang ternyata ampuh membersihkan noda dan bekas jerawat di kulit. Memetik manfaat ini bisa dengan mengambil perasan air lemon bisa 1 atau 2 buah sesuai kebutuhan. Kemudian oleskan ke kulit wajah yang bernoda, diamkan 10-20 menit dan tinggal dibilas sampai bersih. Melalui tips menghilangkan bekas jerawat alami ini Anda bisa mendapatkan hasil maksimal jika rutin dilakukan.

  • Mempergunakan lidah buaya

Lidah buaya selama ini dikenal baik untuk kesehatan rambut, namun berkat kandungan zat aloesin di dalamnya maka ampuh memerangi bekas jerawat. Zat ini memiliki kemampuan menangkal pembentukan melanin yang menjadikan kulit berwarna lebih gelap. Anda cukup mengambil gel atau daging lidah buaya secukupnya lalu dilumatkan memakai garpu atau sendok. Kemudian dioleskan ke wajah, diamkan 10 menit dan tinggal dibilas sampai bersih.

  • Ditangani dengan madu

Madu yang mengandung senyawa antibiotik bisa mengatasi radang pada kulit sekaligus membantu mengatasi bekas jerawat berkat Vitamin C di dalamnya. Anda cukup memakai madu murni sebagai masker wajah dengan mengoleskanya ke kulit secara merata. Diamkan 10 menitan lalu dibilas dengan air hangat agar tidak lengket, bersama tips menghilangkan bekas jerawat alami satu ini Anda tak perlu takut wajah bernoda selamanya.

  • Mencoba memakai gula

Gula beberapa waktu lalu sempat mencuat namanya sebagai produk perawatan kulit karena bisa difungsikan sebagai scrub alami. Ketika wajah dipenuhi bekas jerawat silahkan mencoba tips menghilangkan bekas jerawat memakai gula ini. Caranya campur gula dengan minyak zaitun perbandinganya adalah 2:1, kemudian beri sekitar 5 tetes air lemon. Aduk rata baru kemudian diaplikasikan merata ke kulit wajah dan diamkan selama 10 menit baru dibilas.

  • Memakai masker tomat

Vitamin C di dalam sayuran buah tomat bermanfaat untuk mencerahkan kulit sehingga baik untuk menangani masalah bekas jerawat. Mencoba tips menghilangkan bekas jerawat memakai tomat pun cukup mudah, yakni cukup diris tipis-tipis kemudian ditempelkan ke kulit wajah yang bernoda. Diamkan sekitar 10-15 menit kemudian dibilas memakai air bersih, lakukan secara teratur agar bekas jerawat perlahan memudar.

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir bekas jerawat yang membuat penampilan kurang bersih. Bekas jerawat ini memang baiknya ditangani dengan serius karena jika dibiarkan akan bertahan cukup lama sampai tahunan. Berbeda jika Anda merawatnya dengan beberapa tips di atas maka bekas jerawat tak akan bertahan lama, beberapa minggu dari masa jerawat kering dijamin sudah mulai bersih.

Baca juga : Bahan alami lulur tubuh

Keuntungan Memilih Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Sebenarnya untuk mengatasi bekas jerawat tak hanya bisa memakai bahan-bahan alami yang diuraikan di atas. Ada beberapa produk kecantikan seperti masker siap pakai yang mengandung bahan tertentu dan juga scrub memiliki fungsi mengikis bekas jerawat. Sehingga noda menghitam tersebut bisa segera pudar, yang tersisa hanyalah kulit wajah yang bersih dan semakin mulus. Hanya saja ada daya tarik tersendiri mengapa perawatan alami lebih banyak diambil.

Rupanya dengan memilih perawatan alami untuk mengatasi bekas jerawat Anda bisa memetik beberapa keuntungan di bawah ini:

  • Pilihan menghilangkan bekas jerawat yang lebih mudah karena memang bahanya mudah ditemukan dan cara menggunakanya pun simpel sehingga bisa dilakukan sendiri.
  • Sebagai alternatif lebih murah karena biaya yang dikeluarkan tak sebesar jika Anda menghilangkan bekas jerawat ke klinik kecantikan.
  • Lebih aman dan sehat karena memang tidak memakai bahan kimia yang berpotensi merusak kesehatan kulit.
  • Hasilnya lebih efektif hanya saja perlu kesabaran ekstra karena akan nampak setelah beberapa kali perawatan rutin.

Merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah memang lebih menguntungkan ketika memilih metode alami. Masalah bekas jerawat pun sebenarnya bisa diatasi dengan metode alami memakai bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas. Sehingga jangan langsung berpikir semua masalah kulit hanya bisa diatasi ke klinik kecantikan dengan peralatan canggih dan biaya yang segunung. Kalau mau disiplin tips menghilangkan bekas jerawat secara alami ini juga memberi hasil yang efektif.

Solusi untuk menghilangkan bekas jerawat secara cepat dan permanent

Apabila anda ingin lebih praktis untuk menghilangkan bekas jerawat, anda bisa menggunakan produk aloe vera 92% soothing gel. Produk asal korea yang berbahan alami yaitu LIDAH BUAYA ternyata telah terbukti mampu untuk mengusir bekas jerawat dengan cepat dan efesien. Sudah di gunakan ratusan ribu orang seluruh indonesia, merasakan manfaat aloe vera gel ini.

aloe vera 92% soothing gel
aloe vera 92% soothing gel

Aloe Vera Gel ini akan membantu anda untuk menghilangkan jerawat beserta bekas-bekasnya. Selain itu juga, manfaatnya masih banyak lagi yaitu bisa untuk mencerahkan wajah, pelembab wajah, mengatasi mata panda, masker wajah, masker rambut, bibir hingga juga dapat menghilangkan bekas luka..

Tertarik untuk mencoba aloe vera gel? Baca review dan testimoni disini =>

You might like

About the Author: Permata Cantika

Panggil saja intan. Seorang yang tertarik dengan bidang kecantikan. Banyak hal yang ingin di bagikan. Blog ini adalah salah satu ekspresi untuk berbagi bersama :)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *